Bangil (03/02/25) – Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada tahun ajaran 2024/2025 dimulai kembali, setelah sebelumnya perdana dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024. Sebagai Pembuka GLS tahun ajaran 2024/2025 Perpustakaan SMK Yadika Bangil memberikan edukasi terkait penulisan daftar pustaka (Bibliography Instruction) dan menulis tulisan ilmiah (dalam hal ini makalah ilmiah). Bibliography Instruction merupakan salah satu rangkaian dari Pendidikan Pemustaka (User Education) dari Perpustakaan SMK Yadika Bangil yang harus diberikan kepada pengguna perpustakaan (dalam hal ini siswa). Sedangkan menulis makalah ilmiah sebagai sarana untuk melatih menulis ilmiah bagi pengguna perpustakaan.
Bibliography instruction dan penulisan makalah ilmiah memiliki keterkaitan sangat erat. Dimana saat menulis makalah ilmiah perlu mencantumkan sitasi dan menulis daftar pustaka. Bibliography instruction memberikan edukasi menulis sitasi dan daftar pustaka sesuai dengan etikanya. Sehingga mereka harus berjalan bersama-sama.
Kegiatan ini berlangsung seperti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada umumnya, yang berbeda ialah kegiatan ini 90 % dilakukan di Perpustakaan. Sasaran dari program ialah siswa yang sudah melewati kegiatan GLS di tahap dasar dan pembiasaan (Siswa Kelas XI). Pertemuan kegiatan ini dilakukan minimal 3-4 dalam satu bulannya. Kegiatan ini dimulai pada bulan Agustus 2024 – Februari 2025.
Bibliography instruction dilakukan dengan cara ceramah dan praktik secara mandiri terhadap buku bacaan acak untuk melatih menulis daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka yang diajarkan berdasarkan style APA 6. Sedangkan penulisan makalah ilmiah dilakukan secara kelompok dan metode pengajaran dilakukan secara bimbingan per kelompok. Selain penulisan daftar pustaka dan sitasi, poin penting dalam penulisan makalah ilmiah ialah keterampilan paraphrase. Keterampilan Paraphrase ini penting untuk diajarkan agar siswa dapat terhindar dari kejahatan plagiat dalam penulisan.
Hasil dari kegiatan ini ialah terbentuknya makalah ilmiah yang memiliki sitasi dan daftar pustaka sesuai dengan style APA 6. Siswa mampu melatih dirinya mem-Paraphrase kalimat dengan menggunakan bahasa sendiri. Serta pada saat test menulis daftar pustaka secara individu beberapa siswa mampu menuliskan sesuai dengan style APA 6.
Ditulis oleh : Iffa Maisyaroh, S. IP